Bisnis Jasa Event Organizer? Ketahui Faktor Suksesnya! – Jurnal

Anda pasti telah nir asing dengan istilah event organizer atau yg biasa dikenal dengan sebutan EO. Bisnis atau jasa event organizer adalah penyelenggara acara yg bertugas buat merancang, mengadakan, Jasa Event Organizer dan mengontrol program. EO merupakan layanan jasa yang beranjak pada bidang program, baik skala miniatau besar .

Di Indonesia sendiri penyelenggaraan event secara profesional pertama kali merupakan penyelenggaraan Asia-Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955 pada Bandung.

Selanjutnya adalah event olahraga yang diprakarsai sang presiden Soekarno yaitu Games of Emerging Force atau GANEFO dalam tahun 1963.

Biasanya, jasa event organizer digunakan dalam acara musik, seminar, hingga pernikahan memakai jasa mereka.

Keberadaan event organizer tentu sangat membantu klien yang ingin mengadakan program tetapi tidak memiliki ketika dan asal daya yang memadai.

Event Organizer akan menciptakan acara Anda berjalan lebih baik & lancar, karena mereka sudah mempunyai pengalaman dan crew yang membantu berjalannya acara, sehingga program akan berjalan lebih mudah dibanding jika Anda harus mengerjakan segalanya sendiri.

Mendirikan bisnis ini tentu tidaklah mudah. Anda wajibmemulai menurut event kecil terlebih dahulu, supaya lalu mampu menangani event yang lebih besar .

Sebelum menggunakan jasa usaha Anda, klien niscaya ingin melihat portofolio acara yang sudah pernah Anda selenggarakan sebelumnya.

Jika program sebelumnya sukses, kesempatan Anda buat dipilih menjadi event organizer pun akan lebih besar .

Anda tahu jika aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih mudah dan seksama. Buktikan menggunakan coba perdeo aplikasi Jurnal dalam banner pada bawah ini.

Saya Mau In House Training Coba Gratis Jurnal Sekarang!

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Mengenal Bisnis Event Organizer Lebih Jauh

Sebelum tahu apa itu jasa event organizer Anda perlu mengetahui apa itu event & apa jenis-jenisnya. event bila didefinisikan sebagai kata tunggal suatu benda merupakan insiden, peristiwa pada satu momen.

Sedangkan berdasarkan segi usaha event adalah suatu peristiwa yang direncanakan untuk publik dengan motivasi eksklusif.Jenis Event Sesuai Skala

Event terbagi menjadi beberapa jenis sinkron skala penyelenggaraannya.  yaitu,Mega Event, yaitu event yg diselenggarakan selama 4 atau 5 tahun sekali, salahsatunya adalah Olympics.Hallmark Event, yaitu penyelenggaraan event yg dilakukan selama satu tahun sekali & umumnya mempunyai bukti diri dalam wilayah penyelenggaraannya contohnya, Jember Fashion CarnavalMajor Event, yaitu event yang diselenggarakan pada momen tertentu atau perayaan tertentu dan belum tentu terulang di lalu hari misalnya, Brand Activation JurnalMinor Event, yaitu perayaan event yg diselenggarakan secara lokal dengan skala kecil. misalnya, seremoni pernikahan.

Baca jua: Cara Menghitung ROI Sponsor EventJenis-Jenis Event

Sebagai event organizer, krusial jua bagaimana mengetahui jenis event buat menentukan pasar. Sejatinya event itu terbagi sebagai dua; special event & pula MICE.MICE

Mungkin bagi sebagian Anda masih bingung apa itu MICE, anak tikus? bukan, MICE merupakan akronim berdasarkan Meeting, Incentive Travel, Convention, and Exhibition.

MICE merupakan inti berdasarkan sebuah event & pada penyelenggaraannya membutuhkan keterampilan & kompetensi khusus seperti yg disebutkan sebelumnya.Meeting, merupakan event berupa pertemuan dalam serikat menggunakan jumlah peserta yang penekanan dan sedikit, model meeting merupakan; outbreak sessions, VIP meeting, CEO breakfast.Incentive Travel, di Indonesia sendiri jenis ini sangat sporadis dan umumnya hanya dilakukan sang perusahaan swasta. Salah satu incentive travel merupakan; Business Trip in Serengeti, Manager Awarding,Convention, adalah sebuah rendezvous yang dihadiri oleh orang-orang tertentu menggunakan tujuan tertentu buat menetapkan suatu hal. Konvensi pula terbagi menjadi beberapa jenis yaitu; konferensi, summit, FGD, dan lain sebagainya. contoh dari konvensi adalah: Asia-Africa Conference & ASEAN summit.Exhibition, merupakan pameran yaitu event yg diselenggarakan buat mewadahi penjual & pembeli dalam industri Outbound Training tertentu. Exhibition sendiri dibagi sebagai dua yaitu Business-to-Consumer atau biasa diklaim Fair, atau Business-to-Business yang biasa diklaim Trade.Special Event

Special event merupakan event-event yg dilakukan selain menurut MICE. special event juga umumnya diselenggarakan untuk tujuan eksklusif. Berikut jenis-jenis special event secara umum;Marketing event, merupakan event yang bertujuan sebagai indera pemasaran sebuah produk. tujuan menurut marketing event adalah menaruh kekuatan, awareness, komunikasi, bahkan memicu adanya konversi yg dilakukan konsumen. contoh menurut marketing event merupakan: brand activation & product launching.Sport Event, adalah event yang dikhususkan dalam penyelenggaraan olahraga & umumnya dilakukan pada periode eksklusif. model: Olympics & World Cup.Corporate Event, merupakan event yang dikhususkan buat menyelenggarakan event-event kebutuhan perusahaan. contohnya; outing, event peningkatan kualitas SDM.Government Event, merupakan event yang dikhususkan buat menyelenggarakan event-event pemerintah misalnya penyelenggaraan pameran kerajinan oleh Kementeruan Koperasi dan UMKMFestival, merupakan event yg bertujuan buat menyelenggarakan suatu momen tertentu dan festival pula umumnya serius pada komunitas eksklusif. Misalnya; festival buku, festival musik, atau festival kerajinan.Social Event, merupakan event yang diselenggarakan secara umum contohnya; wedding & birthday party.Faktor Suksesnya Bisnis Jasa Event Organizer

Setiap aktivitas termasuk penyelenggaraan event memiliki faktor penentu kesuksesan.

Lalu apa saja yang memilih kesuksesan sebuah event organizer?Context/Motivation

Penyelenggaraan event kerat Jasa EO kaitannya menggunakan bagaimana dan apa tujuan sebuah event dibentuk.

Konteks atau motivasi jua hal yg akan menentukan bagaimana taktik sebuah event organizer buat menyelenggarakan sebuah event misal; sasaran pasar, keuangan, & juga tools yg digunakan.

konteks atau motivasi ini juga sangat erat kaitannya dengan info, sebagai akibatnya EO bisa mengetaui peluang event apa yg akan dibentuk.

Misalnya, informasi omnibus law yg sedang hangat. sebuah EO bisa membuat event yg erat kaitannya dengan omnibus law misalnya seminar atau diskusi omnibus law buat para pekerja & industriContent

Konten sangat berhubungan dengan konteks. Konten sangat menyesuaikan dengan konteks yang diangkat dalam sebuat event.

Konten merupakan bagaimana kita dapat mendesain dan mengeksekusi sebuah event dengan baik sebagai akibatnya tujuan berdasarkan event itu dibuat dapat tersampaikan pada audiens.

Sebuah konten pula harus menarik & dapat menaruh pengalaman tidak sinkron pada tiap penyelenggaraannya. Konten yg menarik bisa jua menaikkan retensi audiens event Anda.Connection

Setiap bisnis apapun membutuhkan sebuah koneksi termasuk EO. Sebuah event organizer harus memiliki koneksi yg baik. EO harus membangun koneksi dengan beberapa pihak misalnya pemerintah, komunitas, organisasi, vendor, atau EO lain.

Engagement ini jua dapat membangun peluang lain pada membuat sebuah event.

Misalnya Anda bisa menciptakan event yg berhubungan menggunakan kementerian pariwisata pada menyelenggarakan event training atau sosialisasi pariwisata.Capital/Competency

Faktor kesuksesan selanjutnya merupakan kapital. Modal pada penyelenggaraan event sebenarnya lebih berfokus pada sumber daya manusia-nya.

Anda bisa menyelenggarakan event menggunakan modal nol rupiah tetapi Anda nir mampu mendapatkan sumber daya manusia yang sahih-benar memahami sebuah penyelenggaraan event.

Kenapa Sumber Daya Manusia? Sejatinya persaingan event adalah bagaimana Anda memiliki SDM yang memiliki kompetensi di bidang event terlebih apabila Anda serius pada event-event pemerintahan.

Instansi atau pemerintahan umumnya membuka kesempatan lelang EO dan mensyaratkan kompetensi SDM.

Kompetensi pada event mencakup; destination/venue management, liaison officer, bidding, negotiation, sponsorship, registration, conference, & lain sebagainya.

Anda jua dapat menerima sertifikat profesi khusus Event dengan mengikuti ujian kompetensi yang dilaksanakan sang lembaga tunjangan profesi Pembicara Seminar MICE.Communication

Faktor kesuksen lainnya adalah komunikasi. Membangun komunikasi adalah hal terpenting bagi event organizer.  Komunikasi juga bisa menciptakan komitmen setiap stakeholder event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *