Geolistrik (induced Potential Ip & Resistivity) – Konsultan Karya Jaya

Geolistrik merupakan metode geofisika aktif yg menggunakan arus listrik buat mempelajari material di bawah bagian atas bumi. Metode ini dikenal dengan geolistrik atau geoelectric.

harga alat geolistrik air tanah – 081395068645

Tujuannya adalah buat memperkirakan sifat kelistrikan medium atau deretan batuan bawah permukaan terutama kemampuannya untuk menghantarkan atau merusak listrik (konduktivitas atau resistivitas). Istilah “electrical resistivity”, “DC resistivity”, & “VES (vertical Electric Sounding)” juga mengacu kepada metode geofisika aktif ini. Revolusi dan evolusi dalam teknologi instrumentasi dan teknik prosesing personal komputersudah menyumbangkan andil yang sangat besarpada perkembangan dari berita umum geolistrik ini.

Perkembangan terakhir menurut “multi-channel electrical resistivity system” and “computer processing modeling” telah menigkatkan fleksibilitas, kecepatan, dan efesiensi pekerjaan di lapangan pada kuesioner geolistrik konvensional. Selain itu, perkembangan terakhir metode ini juga bisa memfasilitasi pelaksanaan geofisika ini untuk mengusut lingkungan pada bawah permukaan bumi yg lebih kompleks. Sehingga bisa dikatakan bahwa kuesioner geolistrik dapat membantu dalam memotong saat dan biayayang diharapkan pada eksplorasi mineral, dan penerapannya banyak dipakai pada bidang lingkungan, teknik sipil (civil engineering), airtanah, arkeologi dan eksplorasi pertambangan.

Teknik pengukuran resistivity lapisan bumi dilakukan dengan mengalirkan arus DC ke dalam bumi & mengukur voltase (beda tegangan) yang ditimbulkan pada pada bumi. Arus Listrik dan Tegangan disusun pada sebuah susunan garis linier. Beberapa susunan garis linier yg umum dipakai adalah: dipole-dipole, pole-pole, schlumberger & wenner. Pengukuran geolistrik selain bisa diukur pada darat juga dapat dilakukan di atas bagian atas laut.

Alat yg kami gunakan mencakup Syscal Junior (Perancis), Ares Autometic Resistivity 5A (Ceko) & Supersting (USA).

Kegunaan Survey Geolistrik dapat diaplikasikan dalam:01. Eksplorasi Air Bawah Tanah02. Eksplorasi Batubara03. Eksplorasi Emas04. Eksplorasi Bahan Galian C (Batu Andesit, Basal, Gabro dan Gamping)05. Eksplorasi Bijih Besi (Iron Ore)& Pasir Besi (Iron Sand)06. Eksplorasi Mangan07. Eksplorasi Chromite08. Eksplorasi Timah09. Eksplorasi Galena10. Eksplorasi Buksit11. Eksplorasi Barit12. Pencemaran Limbah13. Gerakan Tanah14. Arkeologi15. Teknik Sipil (Civil Engineering) dan Lain-lain.3D Analisis GeolistrikSlicing 3D ModelAres 5A (Ceko)Syscal Junior (France)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *