Impian Office: Definisi, Manfaat

Virtual Office telah usang hadir pada ekosistem pekerjaan Indonesia. Kehadirannya sebagai jawaban atas asa poly orang untuk menciptakan bisnis. Tren model kantor impian ini naik relatif signifikan karena sanggup mengakomodasi kebutuhan para pengusaha atas gedung perkantoran. Ini tentu menjadi indikasi yg baik bagi iklim bisnis Indonesia.

Menurut Kemenperin, dalam tahun 2018 rasio wirausaha dalam Sewa Virtual Office negeri hanya kurang lebih 3,1% saja. Walau telah melampaui baku internasional yakni 2%, namun rasio ini masih kalah jauh berdasarkan Singapura (7%) dan Malaysia (8%). Kemenperin sendiri menyatakan butuh tambahan 4 juta wirausahawan baru lagi supaya memperkuat struktur ekonomi Indonesia.

Kehadiran Virtual Office tentu mampu sebagai wadah buat mengakomodasi para wirausahawan baru tersebut. Hal ini menjadi jawaban atas tantangan berbisnis di Indonesia, salahsatunya gedung kantor yg mendukung operasional dan usaha perusahaan. Anda wajibmengeluarkan uang yang sangat poly buat menyewa satu lantai dalam gedung perkantoran. Menurut Lembaga Konsultan Properti Savills Indonesia yg dilansir dari dtk.com, harga sewa ruang kantor CBD (Central Business District ) Jakarta dalam 2019 dalam kisaran Rp200.000 hingga Rp370.000 buat setiap meter perseginya.

Dari data tadi mampu diasumsikan bahwa buat setiap 100 meter perseginya Anda membutuhkan setidaknya Rp20.000.000 setiap bulannya. Jadi total per tahunnya porto yg Anda butuhkan buat sewa gedung perkantoran tadi mencapai Rp240.000.000. Ini tentu porto yg sangat akbar & belum diakumulasikan menggunakan biayalain seperti gaji karyawan, operasional, indera perkantoran, dan poly lagi lainnya. Data tadi tentu masih serius pada sewa gedung perkantoran, apabila ingin membeli tentu angkanya akan jauh lebih mahal. 

Tingginya biayabuat menyewa sebuah gedung perkantoran mendorong banyak orang buat beralih menggunakan Virtual Office. Hal ini tentu menciptakan porto buat menjalankan sebuah bisnis menjadi turun daripada memakai gedung perkantoran. 

 

Kantor Virtual

Kantor Tradisional

Biaya Sewa (CBD)

IDR 4.5jt

240jt – 444jt

Renovasi (Interior Design, Meeting Room, Mic, dst)

Included

50-100jt

Service Charge

Included

160jt

Staff Receptionist + Cleaning

Included

65-100jt

Utilitas (Listrik, Air, Telepon, WiFi)

Included

13.2jt

Total Biaya

IDR 4.lima jt

IDR 528 jt ~ 817 jt

Apa itu Virtual Office?

Semakin banyak minat seseorang buat membentuk usaha, membuat mereka mencari layanan gedung perkantoran lain yg jauh lebih murah. Salah satunya adalah penggunaan tempat kerja impian. Sebenarnya apa itu kantor virtual? Dilansir dari Startups.co.uk, Virtual Office adalah layanan sewa perkantoran impian atau non fisik yg jauh lebih murah, fleksibel, & memiliki alamat domisili sah buat registrasi PT/CV Perusahaan seperti kantor pada umumnya. Jadi walau sifatnya impian, tetapi dipandang dari berbagai aspek, layanan kantor ini mempunyai fungsi yang tidak jauh beda dengan tempat kerja dalam umumnya.

Apa saja aspek tersebut? Fungsi kantor dalam biasanya merupakan menjadi lokasi operasional sebuah bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan legalitas supaya bisnis tersebut diakui dan dipercaya kredibel. Salah satu contoh sebuah tempat kerja dipercaya legal merupakan eksistensi domisili. Jelas bahwa kantor secara umum memiliki domisili. Tetapi, Virtual Office pula mempunyai domisili yg diakui sang pemerintah.

Selain itu tempat kerja virtual ini memiliki hampir semua layanan yang dimiliki sang tempat kerja dalam umumnya. Selain domisili, layanan kantor ini jua mempunyai nomortelepon untuk kebutuhan bisnis, e-mail, fasilitas buat meeting, hingga pengurusan perizinan. Keseluruhan fasilitas tadi lebih kurang sama dengan kantor pada umumnya. Siapapun yang memulai usaha dan membutuhkan fungsi-fungsi sebuah tempat kerja tanpa harus membeli atau menyewa tentu mampu menggunakan layanan tempat kerja impian ini.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa nir ada perbedaan secara fungsi antara Virtual Office dan kantor biasa. Keduanya sanggup mengakomodasi segala kebutuhan buat menjalankan operasional sebuah bisnis. Tetapi tentu saja memakai tempat kerja impian dalam berbisnis jauh lebih murah. Sisa aturan yang dimiliki tentu mampu Virtual Office digunakan dalam kebutuhan esensial lain pada usaha Anda. Misalnya aturan digunakan buat pemasaran produk, membangun brand, pengembangan produk, hingga gaji karyawan.

Karakteristik Virtual Office

Walau secara generik serupa dengan kantor konvensional, terdapat beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Virtual Office. Hal ini nir lepas menurut sifatnya yg virtual dan tidak memiliki gedung fisik. Dilansir berdasarkan Kendlebell Kimmage terdapat 4 Karakteristik menurut tempat kerja impian secara umum, berikut di antaranya:

1. Layanan menjawab telepon

Kantor impian sanggup mempertahankan manfaatnya sebagai tempat kerja biasa dengan baik. Salah satunya adalah layanan menjawab telepon misalnya resepsionis dalam umumnya yang dilakukan secara profesional. Telepon yg masuk akan dialihkan dalam perusahaan yg dicari. Oleh karena itu perusahaan Anda akan mempunyai nomorsendiri buat urusan administrasi, korespondensi, dan kebutuhan menggunakan klien.

Virtual Office juga sanggup menyediakan nomortelepon kusus bagi perusahaan anda. Nomor telepon tersebut bisa diprogram buat dijawab sang resepsionis atau pribadi dialihkan pada telepon Anda. Pilihan tersebut tentu bergantung dalam kebutuhan dan preferensi Anda.

2. Ruang Pertemuan

Seperti ciri pada kantor umumnya, ruang pertemuan merupakan aspek yang sangatlah krusial ketika ingin bertemu dengan para Klien, Investor, juga Rekan Usaha lainnya. Maka Virtual Office juga akan menyediakan layanan Ruang Pertemuan dimana tamu anda akan diarahkan pada ketika tiba dikantor pertama kali, & anda sanggup menggunakkan ruang pertemuan seperti tempat kerja dalam umumnya. Ruang Pertemuan ini akan mempunyai fasilitas yang bhineka dengan

3. Fleksibel

Jam kerja di tempat kerja impian tidak terpaku dalam jadwal misalnya tempat kerja dalam umumnya. Karyawan bisa menggunakan fleksibel di mana saja & kapan saja bekerja. Hal ini tentu berpengaruh pada kesehatan & kesejahteraan karyawan. Mereka sanggup berhemat uang yang habis buat transportasi atau buat makan. Selain itu mereka juga nir perlu terjebak berlama-usang pada kemacetan atau transportasi publik.

4. Alamat sendiri

Kantor virtual menyediakan alamat yg kredibel dan profesional untuk kebutuhan bisnis. Fungsinya mampu digunakan sebagai legalitas & dapat dipercaya pada mata klien. Memiliki alamat resmi tentu penting bagi operasional perusahaan, bahkan untuk taktik pemasaran alamat resmi sangat dibutuhkan. Beberapa layanan Virtual Office bahkan menyediakan layanan pada sentra usaha & perkotaan yang membuat tempat kerja sebagai lebih prestise.

lima. Layanan Surat Menyurat

Tentunya menggunakan menggunakkan alamat Virtual Office dalam Legalitas & Website perusahaan, tidak bisa dihindari adanya surat ataupun paket yg tiba di lokasi perusahaan. Maka sangatlah krusial buat perusahaan Virtual Office dalam menyediakan layanan Surat Menyurat. Dimana surat ataupun paket yang tiba akan diterima oleh seseorang Resepsionis Profesional dan akan dicatat kedalam sistem. Dengan Sistem yang sudah terintegrasi menggunakan hubungan Klien Virtual Office, anda akan menerima notifikasi surat tersebut secepatnya

Perbedaan Virtual Office dengan tempat kerja biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *