Indera Ukur Saat, Panjang, & Berat

ALATPENGUKURAN WAKTU, PANJANG, BERAT, BAKU DAN TIDAK BAKU SERTA PENERAPANNYA DALAMKEHIDUPAN SEHARI-HARI

‘’ Tugas ini diajukan buat memenuhi mata kuliahMatematika tiga ”

                 Disusun sang:

          Ma’rifatulSholihah    (210613097)

Kurnia Hidayanti, M.Pd.

PROGAM STUDI PENDIDIKANGURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)

SEKOLAH TINGGI AGAMAISLAM NEGERI PONOROGO

” ALAT PENGUKURAN WAKTU, PANJANG,BERAT, BAKU, TIDAK BAKU, DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI ”

A.    Macam-macamAlat Ukur Sesuai menggunakan Fungsinya

Kitasering menjumpai banyak sekali alat ukur yang beragam jenis serta sewa alat berat bali manfaatnya. Kitaharus menggunakan alat ukur sesuai dengan kebutuhan serta permasalahannya.Misalnya, penjahit akan mengukur badan seseorang. Maka penjahit tadi akanmenggunakan roll meter buat mengukur badan seseorang tersebut. Selain itu,kita jua wajibmengetahui alamat linajaya cara guna pengukuran yg sempurna. Hal inilah yangsangat krusial diperhatikan pada menggunakan indera ukur sesuai menggunakan fungsidan kegunaannya.

Berikutpenjelasan tentang macam-macam alat ukur:

11) AlatUkur Waktu

Alat ukur saat yg tak jarang kita pakai adalah jam.Jam jua mempunyai poly jenis dan bentuknya. Akan namun, kita pula bisamenggunakan alat ukur saat menggunakan kalender serta alat ukur ketika lainnya.  

        Jam weker merupakanjenis berdasarkan jam yang dipakai buat mengukur saat kita dalam kegiatansehari-hari. Biasanya kita tak jarang menggunakannya buat membangunkan tidurketika kita hendak memulai aktifitas pada pagi hari. cara kerjanya adalah kitamenyetel alarm dalam jam weker. Lalu ketika jam tersebut sudah tepat maka dengansendirinya jam weker akan berdering & bergetar keras.

Jenisjam selanjutnya merupakan jam tangan. Setiap orang pasti tak jarang memakai jamini pada tangan. Jam ini digunakan manusia buat melihat & mengukur waktu.

c.   JamDinding

      Sesuai namanya jam ini terletak didinding rumah atau bangunan lainnya. Komposisi jam ini hampir seluruh sama, yaituterdiri dari satuan jam, mnt, dan dtk buat mengukur waktu.

      Jam pasir merupakan indera ukur ketika kunoyng dipakai pada warga   zaman dahulu. Terdapat dua tabung miniyg manapada tabung atas berisi pasir penuh. Lama-kelamaan pasir tadi akan turun.Ketika semua pasir berpindah ke bawah menandakan waktu satu jam.     

e.   Stopwatch

      Stopwatch berbentuk bundaryang mana didalamnya terdapat satuan mnt, dtk, & jam. Biasanya dipakai buat pelatihlari. Pelari memakai alat ini untuk mengukur kecepatan larinya.

f.    Calender(Penanggalan)

Sistem penanggalan adalah alat ukurwaktu untuk jangka waktu yg nisbi usang. Mulai berdasarkan hari, bulan, tahun,abad, hingga milinium.

22) AlatUkur Panjang

Pada umumnya, kita menggunakan indera ukur panjangberupa meteran. Meteran mempunyai poly jenis, mulai dari roll meter, rollgulung, meteran sudut, dan lain sebagainya. Namun masih ada alat ukur panjanglainnya.

a.   RollMeter

      Roll meter digunakan tukang kayu dantukang    bangunan buat mengukur panjangbangunan. Cara penggunaanya merupakan ditarik. Roll meter berbentuk pita panjangyang dapat digulung. Satuan ukurannya merupakan cm/cm dan inchi.

   Pada biasanya roll rol poly digunakanpara penjahit baju buat mengukur badan seorang. Satuan ukurannya adalah centimeter.

c.   Penggaris

      Penggaris merupakan macam indera ukur panjang yangpaling terkenal. Ada poly jenis penggaris misalnya penggaris siku, penggaris biasa,penggaris buat tukang, dll. Satuan penggaris yaitu cm (ketelitian 1mm) atauinchi akan tetapi tidak menutup kemungkinan dengan satuan yang lain tergantungpenggunaanya.

d.  Jangka Sorong

      Alat ukur panjang ini memiliki ketelitian 0,1mm. Bentuknya misalnya kunci inggris. Semakin lebar benda yg diukur semakinpanjang jua ukurannya. Begitu jua kebalikannya.

e.    MikrometerSekrup

          Alat ukur panjang ini lebih presisi lagi.Tingkat ketelitian sampai 0,01 mm. Alat ukur ini berbanding terbalik bentuknyadengan jangka sorong. Tetapi, cara penggunaannya hampir sama dengan jangkasorong.

33)  Alat Ukur Berat

Mayoritas kita mengukur berat atau massa suatubarang dan benda memakai alat timbangan. Timbangan mempunyai poly jenis,seperti timbangan duduk, timbangan bayi, timbangan gantung, & lainsebagainya. Selain itu pula dapat memakai neraca.

a.   TimbanganBadan atau Timbangan Kamar Mandi

      Timbangan kamar mandi adalah sebutan timbanganbadan yg acapkali kita gunakan dengan berdiri pada atasnya. Biasanya maksimaltimbangan ini adalah 150-180 kilogram.

b.  TimbanganBayi

      Alat ukur berat inipersis menggunakan timbangan badan. Akan namun indera ini khusus buat menimbangbayi. Perbedaannya, apabila timbangan badan masih ada jarum yg menunjukkan angka,timbangan bayi muncul nomorsecara otomatis.

c.   TimbanganDigital

      Alat ini bersifat otomatis pada memperlihatkanberat benda yang sedang ditimbang. Kita tinggal memberikan benda, kemudian berat bendaakan tampak dengan sendirinya.

d.  TimbanganDuduk

            Kita hanya menaruh barang yg akanditimbang. Lalu kita geser indera ukur(yg terbuat berdasarkan kuningan) sesuai denganberat barang. apabila berat benda lebih, kita tinggal menaruh anak timbangan padapiring yang sinkron dengan berat benda.

e.   TimbanganPasar

      Banyak dipakai para pedagang pada pasar.Kita tinggal melihat apakah berat benda telah seimbang menggunakan jumlah anaktimbangan atau belum. apabila sudah seimbang berarti itulah berat benda yangbenar.

f.    TimbanganGantung

      Caranya, gantunglah barang yang akanditimbang pada kail ujung timbangan. Dan lihatlah berat barang dalam timbangan.Ukurannya adalah kg.

g.   NeracaDua Lengan

      Alat ukur massa ini mempunyai ketelitian yanglebih dibandingkan menggunakan timbangan pasar. Disebut dua lengan karena terdiridari 2 lengan utama, demikian jua berlaku buat penyebutan tiga lengan.Neraca 3 lengan lebih presisi dari neraca dua lengan. Ada pula neraca satulengan.

B.    AlatUkur Baku & Tidak Baku

Ukuran standar merupakan ukuran yg telah disepakati seluruh orangdan mempunyai output yang tetap/standar. Ukuran standar akan selalu sama akbar walaupunberbeda orang yang mengukurnya. Contoh berukuran standar merupakan penggaris denganukuran cm ataupun m. sedangkan ukuran tidak baku merupakan alat ukur yang tidakmemiliki berukuran & output yang nir tetap/standar. Contoh, pengukuran bendamenggunakan jengkal (pengukuran berdasarkan dalam jeda paling panjang antaraujung jempol dengan ujung kelingking), hasta (didasarkanpada ukuran sepanjanglengan bawah berdasarkan siku sampai jari tengah), depa (didasarkandalam ukuransepanjang 2 belah tangan), kaki (menurut berukuran panjang sebuah  kaki), digit (berdasarkan lebar sebuah jari),tali, & lain sebagainya. Perhatikan gambar pada bawah ini! (model alat ukurtidak standar).

Contoh indera ukur nir baku lainnya merupakan sinar matahariyang dipakai buat patokan waktu pagi, sore, & malam. Untuk mengukur beratbisa membandingkan berat benda menggunakan cara mengangkat ke 2 benda. Kita tidaktahu jumlah kg beratnya, akan tetapi kita mampu menaksir berat benda itu, & lainsebagainya.

C.     Penerapan Alat Ukur pada KehidupanSehari-hari

§  Contohgambar pengukuran menggunakan alat ukur standar

Penggunaan alatukur harus sinkron antara jenis alat ukur serta manfaatnya. Pada gambar di atas,dapat kita lihat bahwa pedagang ikan pada pasar memakai jenis indera ukur beratberupa timbangan pasar. Ini sudah sinkron menggunakan manfaatnya. Selain itu, padagambar selanjutnya tampak anak miniyang sedang mengukur tinggi/panjang badandengan penggaris. Hal ini sangat benar lantaran sudah pas dengan jenis alatukurnya.

 §  Contohgambar pengukuran menggunakan indera ukur tidak standar

Kitajuga sanggup memakai jengkal untuk mengukur panjang meja. Selain denganjengkal kita pula sanggup menggunakan bolpoin dan benda lainnya buat mengukurmeja tadi.

1.   HariMinggu Bayu pergi ke perpustakaan daerah. Ia berangkat pukul 8 pagi. Bayupulang ke tempat tinggalpada pukul 12 siang. Berapa lamakah Bayu di perpustakaan?

§  Pembahasan: berangkat pukul 8 pagidan pulang pukul 12 siang. Jadi usang di perpustakaan adalah 12-8= 4 jam.

2.   Hitunglahberapa lamakalian mandi, gosok gigi, dan keramas? Mana yg lebih lama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *