Jasapengeboran.com

Pengertian Sumur Bor

Sumur yg dibentuk dengan membor batuan. Sumur artinya lubang atau liang yg dibentuk ke dalam tanah untuk memperoleh air, minyak, air garam, gas, juga berita tentang keadaan tanah. Sumur bisa berupa sumur galian yg kemudian dilengkapi menggunakan timba, terowongan miring, atau sumur bor yg lalu dilengkapi dengan pompa penyedot. Sumur bor yang nir perlu dilengkapi menggunakan pompa karena airnya akan menyembur keluar diklaim sumber artesis buatan.

Teknik pengeboran sumur sudah dikenal jauh sebelum tahun Masehi. Pada peradaban Cina dan Mesir antik sumur artesis buatan telah dikenal. Orang Cina menggunakan bambu sebagai pipa selongsong. Dalam jaman terbaru, bergantung dalam kerasnya tanah & batuan, ada beberapa macam teknik pengeboran. Untuk tanah yg keras bisa dipakai teknik perkusi, indera berkabel, teknik rotari, dan pengeboran penebuk. Dalam alat terakhir jasa bor tanah ini ujung bor mirip palu, dan remukan batuan ditiup keluar berdasarkan lubang oleh udara ..tekan yg disemburkan menurut atas. (Lihat pula BOR, MESIN.) Untuk tanah yang lunak, pipa miniyg dii ngkapi dengan tapisan atau pipa berlubang-lubang jasa sumur bor ditekan masuk ke pada tanah, baik dengan tangan atau dengan mesin.

Setelah lubang dibuat diharapkan selongsong buat mencegah runtuhnya tanah dan menyumbat lubang itu. Dalam hal batuan keras selongsong itu hanya dibutuhkan buat bagian-bagian yg memungkinkan longsoran menyumbat lubang, lantaran batuan itu sendiri sudah adalah pelindung lubang. Dalam hal tanah yg tidak padat pelindung itu dapat berupa pipa baja berulir, menggunakan diameter kira-kira sama dengan diameter lubang.

Ujung lubang hendaknya terletak dalam lapisan yang mengandung air tanah yg akan dipompa keluar. Bila lapisan ini berupa batuan yang keras, mungkin diperlukan bahan peledak buat menciptakan banyak retakan pada batuan itu. Kadang menggunakan memompakan karbon dioksida bertekanan tinggi ke dalamnya, atau bahkan memakai asam, lapisan tanah pada lebih kurang ujung sumur bor itu dikembangkan. Jika lapisan itu berupa pasir, bisa digunakan pompa sedot yg bertenaga, atau bergantian penyedotan & fokus kembali. Lumpur dan pasir halus mula-mula akan ikut terpompa & yg tinggal pada kurang lebih ujung bor adalah kerikil dan kerakal, yg gampang ditembus air tanah. Dapat juga kerikil itu dimasukkan ke dalam sumur dengan paksaan.

Jenis & daya pompa yg digunakan bergantung pada tersedianya air atau banyaknya air yg diperlukan, pada diameter lubang, dan pada kedalaman sumur. Pompa sedot biasa bisa dipakai apabila kedalaman kurang menurut 7 meter. Pada sumur yg lebih pada harus dipakai pompa lift. Jika debit air pompa tidak tinggi, seperti yg umumnya dibutuhkan oleh rumah tangga, bisa digunakan pompa tipe resi- prok atau pemindahan (displacement pump). Bila diperlukan air dalam jumlah akbar haruslah dipakai pompa tipe-impeler yang diameternya cukup minibuat dimasukkan ke dalam sumur.

Sekarang ini energi buat memompa umumnya merupakan tenaga listrik lewat motor listrik. Tetapi buat keperluan tempat tinggaltangga, apabila kedalaman tidak lebih berdasarkan 10 meter, poly orang masih menggunakan pompa tangan jenis dragon. Di negeri yg anginnya menghembus bertenaga sepanjang tahun, misalnya pada Amerika Serikat bagian barat, orang memanfaatkan tenaga angin. Apabila jaringan listrik tidak sampai ke lokasi, orang menggunakan motor bakar-pada atau mesin diesel. Tetapi jika pompa terpendam jauh di pada tanah, digunakan generator diesel atau bensin buat memasok energi listriknya.

Teknik sumur bor yang dikenal orang dewasa ini bisa memompa minyak bumi hingga sedalam 8 kilometer. Tetapi sumur bor berpompa yg lazim dipakai sang rumah tangga umumnya tidak melebihi kedalaman 80 meter. Untuk industri & hotel dan kompleks perkantoran sumur bor itu dapat sedalam 200 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.