Legalitas Bisnis Konstruksi – Akta.co.id

Legalitas tempat sewa Usaha Konstruksi

Halo Rekan AKTA, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Perijinan Usaha Konstruksi. Seperti yang kita tahu, beberapa bidang usaha memerlukan perizinan ataupun kelengkapan surat & dokumen untuk menjalankan usahanya, begitu pula pada usaha konstruksi. Di usaha bidang konstruksi karena memiliki risiko yg relatif akbar maka diperlukan pula surat – surat perizinan yg beragam, diantaranya merupakan SIUJK, SBU, dan SKA/SKT.1 SIUJK

SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi. Berkas ini merupakan dokumen perizinan yang harus dimiliki tempatsewa.web.id oleh para pengusaha pada bidang Konstruksi. Setelah memiliki SIUJK ini perusahaan baru dievaluasi sanggup buat mengerjakan proyek sinkron dengan kualifikasi perusahaannya.

                SIUJK di klasifikasikan ke pada beberapa golongan supaya sesuai dengan kualifikasi setiap proyek yang akan dikerjakan, yaitu :K1, K2, K3M1, M2B1, B2

Pada kualifikasi K1, K2, Perusahaan wajibtelah berbentuk badan usaha CV, sedangkan buat kualifikasi K3, M1, M2,B1, B2 Perusahaan wajibsudah berbentuk badan aturan atau PT. Sedangkan untuk Penanaman Modal Asing atau PMA maka akan pribadi masukke kualifikasi B2.

legalitas usaha Jenis-jenis SIUJK :IUJK Nasional

IUJK ini dipakai buat melakukan bisnis atau jasa di bidang konstruksi. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten atau Kota yang sinkron menggunakan domisili. Surat izin ini dimuntahkan oleh Pemda atau Pemda Provinsi atau Kota/Kabupaten kepada Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional (BUJK Nasional). Dasar aturan berdasarkan IUJK Nasional adalah Peraturan Menteri No. 04/PRT/M/2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional. Kualifikasi menurut IUJK ini meliputi kualifikasi kecil, menengah, atau akbar.IUJK PMA

IUJK ini digunakan buat para BUJK PMA buat melakukan jasa konstruksi pada Indonesia. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Untuk IUJK PMA, biarusahanya dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM pada Badan Usaha Jasa Konstruksi PMA. Sementara, dasar hukumnya merupakan Peraturan Menteri No. 03/PRT/M/2016 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Penanaman Modal Asing. Kualifikasi yang diharapkan adalah kualifikasi besar .IUJK BUJKA Izin Perwakilan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing

Izin perwakilan yg diberikan sang pemerintah buat melakukan aktivitas jasa konstruksi pada Indonesia. Sertifikasi ini dimuntahkan sang Kementerian Pekerjan Umum. Terdapat tiga jenis SIUJK, yakni Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) Nasional, IUJK PMA (Penanaman Modal Asing), dan Izin BUJKA (Foreign Construction Representative Office) atau menggunakan nama lain Izin Perwakilan Perusahaan Jasa Konstruksi Asing.

Izin bisnis ini dikeluarkan juga sang BKPM bagi BUJKA yg membuka kantor perwakilan dan menjalankan jasa bisnis konstruksi asing di Indonesia. Dasar hukum berdasarkan Izin BUJKA adalah sinkron menggunakan Peraturan Menteri No. 10/PRT/M/2014 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Perwakilan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing. Kualifikasi yg dibutuhkan adalah kualifikasi besar .2 SBU (Sertifikat Badan Usaha)

SBU merupakan bukti pengakuan kompetensi badan usaha sesuai kualifikasi usahanya dibidang konstrksi. Anda baru sanggup mendapatkan SBU selesainya anda mempunyai SKA dan jua terdaftar sebagai salahsatu anggota asosiasi yang terakreditasi di LPJK. Sertifikat Badan Usaha ini berfungsi menjadi bukti pengakuan kualifikasi atas kemampuan badan usaha Jasa Konstruksi & jua output penyetaraan kemampuan badan usaha Jasa Konstruksi asing.

Pengurusan sertifikat ini dilakukan di LPJK & hanya berlaku bila perusahaan sudah berbentuk badan usaha. Jika masih berupa perorangan, maka biaryang dibuat adalah TDUP (Tanda Daftar Usaha Perorangan).

Syarat buat pengajuan Sertifikasi Badan Usaha meliputi :Akte Pendirian Usaha (PT atau CV)SK Menteri Hukum & HAM (Pengesahan)Surat Domisili UsahaNomor Pokok Wajib Perusahaan (NPWP)Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)Nomor Induk Berusaha (NIB)Pengusaha Kena Pajak (PKP)Neraca laporan keuangan perusahaanSurat Keterangan Keterampilan (SKT) atau  Surat Keterangan Keahlian (SKA)Kartu Anggota Asosiasi (KTA)KTP Pengurus PerusahaanKK penanggung jawab perusahaanPas Foto 4×6 4 lembarStruktur perusahaan

SBU wajibdimiliki oleh setiap pelaku bisnis di sektor konstruksi dari Pasal 30 UU Jasa Konstruksi. Pengurusan SBU ini sanggup akan di proses sekitar 1 bulan tergantung banyaknya SBU yang diproses pada LPJK.3 SKA / SKT

Sertifikat Keahlian ( SKA) & Sertifikat Ketrampilan ( SKT ), merupakan sertifikat yg diterbitkan LPJK , Yang diberikan pada tenaga ahli yang telah memenuhi persyaratan diubahsuaikan menggunakan kualifikasi perusahaannya.

SKA dipersyaratkan buat Tenaga Ahli perusahaan golongan Besar & Menengah dan SKT diperuntukkan buat Tenaga Ahli perusahaan golongan mini, buat dapat ditetapkan sang perusahaan menjadi Penanggung Jawab Teknik (PJT) & Penanggung Jawab Kerja (PJK) pada permohonan Sertifikasi Badan Usaha (SBU), Dan jua SKA & SKT ini diperlukan menjadi salahsatu persyaratan buat mengikuti tender.

SKA ( Sertifikat Keahlian Kerja) merupakan bukti kompetensi & kemampuan Profesi tenaga pakar bidang Kontraktor atau Konsultan dengan kualifikasi :

SKA dimuntahkan oleh asosiasi profesi jasa konstruksi yg sudah terakreditasi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional.

SKT (Sertifikat Keterampilan Kerja) merupakan bukti kompetensi & kemampuan profesi keterampilan kerja bidang Jasa Pelaksana Konstruksi ( KONTRAKTOR) yg wajibdimiliki buat dapat ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik ( PJT ) menggunakan kualifikasi :

Syarat – syarat pengurusan SKA / SKT :

Fotokopi NPWP ( SKT nir perlukan )

Berkas yang dikirim harus kentara buat meningkatkan kecepatan proses kerja pada Bentu JPG / PDF

Berkas SoftCopy dikirim lewat email lebih diutamakan

Masa Berlaku SKA /SKT tiga Tahun Setelah Terbitnya Sertifikat

Demikian pembahasan tentang Legalitas yg diharapkan buat Usaha Industri, semoga bermanfaat! buat donasi pengurusan Sertifikasi dan Pendirian PT & CV anda sanggup menghubungi Tim Marketing AKTA di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *